Maruf Minta Persiapan Pencalonan RI Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Segera Tuntas

TOTHEPOINT-Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta program pendukung Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpade 2032 segera tuntas. Program-program itu meliputi penyediaan sarana dan prasarana kegiatan

“Pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, prosesnya sekarang,” ujar Ma’ruf Amin dalam acara halal bihalal virtual bersama para pejabat dan pengawal di lingkungan Sekretariat Wakil Presiden, Rabu, 19 Mei 2021.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032 pada 13 April 2021. Komite Olimpiade Indonesia memastikan akan memenangkan kompetisi pencalonan setelah Keppres ini terbit.

Selain menyiapkan sarana dan prasarana, Ma’ruf meminta pihak-pihak terkait segera menyiapkan kampanye untuk mendukung terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara. Ia ingin persiapan tersebut tuntas sebelum masa akhir periode pemerintahan pada 2024.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari sebelumnya melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untu membahas persiapan Indonesia menjadi calon tuan rumah Olimpiade 2032. Oktohari menyampaikan pihaknya percaya diri memenangkan bidding.

“Kami ingin mengulangi sekali lagi bahwa posisi kita hari ini sudah ditetapkan sebagai negara continues diaologue. Sekali lagi, ini memang berbeda dengan Olimpiade sebelumnya. Kalau sebelumnya dengan bidding contest, sekarang dengan sistem diolog,” ujar Oktohari.

Oktohari menegaskan Indonesia telah melakukan langkah-langkah untuk menyiapkan pencalonannya sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dalam beberapa tahun ke belakang. Walaupun, kata dia, Indonesia terlambat satu langkah dengan Brisbane yang telah lebih dulu mengajukan diri.(*)