Mahfud Sebut Soal Papua Jangan dengan Senjata

TOTHEPOINT – Pimpinan dan Anggota Majelis Rakyat Papua bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD dan melakukan dialog seputar persoalan-persoalan di Tanah Papua.

Pertemuan yang berlangsung di Gedung Kemenko Polhukam pada Jumat (11/6/2021) sore, dijelaskan Ketua MRP Timotius Murib, berlangsung dengan dialog yang baik.

“Bapak Menko merespon sangat luar biasa aspirasi kami dan diakomodir dengan baik,” ujar Murib dalam rilis, Senin (14/6/2021).

Dikatakan Murib, saran dari rakyat Papua diharapkan menjadi bahan pertimbangan Dirjen Otonomi Daerah yang hadir saat itu. Serta dapat diiteruskan ke DPR RI.

“Kami saling menjelaskan dan bertukar pikiran, dan saya menjelaskan kebijakan pemerintah pusat di Papua, dimana mereka memahami bahwa apa yang sudah dan akan dilakukan, semua sesuai dalam koridor Konstitusi dan dengan pendekatan kesejahteraan,” ujar Menko selepas pertemuan.

Majelis Rakyat Papua (MRP) merupakan wadah yang disediakan undang-undang untuk orang asli Papua menyuarakan persoalan-persoalan terkait Papua.

Dalam pertemuan, Mahfud menjelaskan bahwa persoalan di Papua akan dilakukan dengan dialog demi kesejahteraan Rakyat Papua.

“Prinsipnya sesuai arahan presiden, menyelesaikan persoalan di Papua jangan dengan senjata dan letusan, tapi dengan dialog demi kesejahteraan.” ujar Mahfud.

Adapun penegakan hukum kepada kelompok-kelompok bersenjata, diakui Mahfud adalah sebagai bagian untuk memperlancar dialog dengan rakyat Papua, yang jauh lebih banyak di luar kelompok bersenjata itu.
(*)