Langka, Labi-Labi Moncong Babi Si Penambah Keindahan Laut Papua

Labi-Labi Moncong Babi (Carettochelys Insculpta). Foto: https://jenis.net/jenis-labi-labi/
Labi-Labi Moncong Babi (Carettochelys Insculpta). Foto: https://jenis.net/jenis-labi-labi/

Tothepoint.id, Papua – Berbicara hewan laut, biasanya akan terpikirian ikan-ikan yang bernafas dengan insang. Namun, selain ikan, ada hewan yang hidup di laut selain mereka. Ia adalah Labi-Labi Moncong Babi atau juga disebut Kura-Kura Moncong Babi. Hewan ini memilki keindahan yang tersendiri ditambah dengan tingkat kepunahan (langka) hewan ini sangat tinggi. Bisa dibilang status hewan ini adalah “endanggered” (EN) artinya menjunu kepunahan.

Labi-Labi Moncong Babi adalah hewan langka di Papua. Pada tahun 1900an telur hewan ini mencapai 1,5-2 juta butir. Analisis ini berasal dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) yang mencatat populasi hewan ini turun 57% pada hari ini.

Nama ilmiah dari hewan ini ialah Carettochelys Insculpta. Ciri-ciri khusus dari Labi-Labi ini antara lain adalah bentuk tempurung dengan tepi bergerigi, kaki depan dan belakang menyerupai kaki Penyu yang memilki selaput, dan moncong/mulut seperti Babi dengan hidung besar.

Papua dalam keindahan tak boleh luput dari apa yang kita inginkan untuk menjenguknya suatu saat nanti. Dari sini, kita bisa memulai angan-angan agar bisa sampai ke Papua suatu saat nanti. Dari hutan Papua yang indah.