KPPPA Ajak Semua Pihak Kolaborasi Atasi Pneumonia Anak

TOTHEPOINT –Deputi Pemenuhan Hak Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Agustina Erni mengatakan, pneumonia menjadi masalah negara karena menyebabkan kematian tertinggi kedua pada anak.

Oleh karena itu, Agustina mengajak semua pihak baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), masyarakat, orang tua hingga organisasi masyarakat untuk berkolaborasi mengatasi masalah pneumonia pada anak.

“Hal ini tidak hanya di Indonesia tetapi menjadi permasalah ditingkat global dan oleh karena itu pencegahan pneumonia harus menjadi tanggungjawab kita bersama. Tidak saja Kementerian Kesehatan, tetapi juga KPPPA dan kementerian lain,” kata Agustina pada Peluncuran Lagu Setop Pneumonia dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2021, Jumat (16/7/2021).

Ia menyebutkan, salah satu cara mencegah pneumonia salah satunya memberi ASI eksklusif untuk balita. Oleh karena itu, KPPPA bersama kementerian/ lembaga (K/L) lainnya berupaya melakukan edukasi pemberian ASI serta meningkatkan keberadaan ruang menyusui utamanya di K/L.

“Kita melakukan sinergi dengan Kementerian Kesehatan dalam hal ini bagaimana ibu-ibu pekerja pun wajib mendapatkan kenyamanan pada saat ini menyiapkan ASI untuk anak-anaknya,” ucap Agustina.

Agustina menuturkan, K/L berkolaborasi memberi pemahaman pendidikan dan pengasuhan anak khususnya pada masa pandemi. Dalam hal ini, pengasuhan anak bukan hanya menjadi tanggungjawab seorang ibu, akan tetapi bersama-sama antara ibu dan ayah.

“Terutama dalam pendidikan untuk menjamin asupan gizinya. Kita harus terus belajar menjadi orang tua. Tidak ada sekolah menjadi orang tua yang bisa memberikan perlindungan dan hak dari anak-anak kita,” ucapnya.