Kominfo Bangun 75 BTS di Merauke

Silhouette Antenna tower and repeater of Communication and telecommunication with the mountain on the background of sunset.Hong Kong China.

TOTHEPOINT – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan bantuan peralatan untuk pembangunan tower telekomunikasi (BTS) termasuk jaringan 4G di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua dalam tahun 2021.

Tower ini akan dibangun di 75 titik di kabupaten di wilayah selatan Papua tersebut.

Kepala Bidang Pengelola Infrastruktur Telekomunikasi dan Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Thomas Kimko Sabtu (5/6/2021), mengatakan setelah mendapatkan informasi terkait bantuan puluhan tower yang akan dibangun, pihaknya bersama tim melakukan survei ke berbagai tempat.

Lalu, jelas dia, kegiatan survei sudah selesai dilakukan dan fokusnya adalah di kampung-kampung lokal yang dihuni atau didiami orang Marind-Papua.

“Kita sudah tuntaskan survei sekaligus penentuan tempat pembangunan tower,” ujarnya dilansir dari Jubi.

“Kenapa kami fokus ke kampung lokal, karena sangat dibutuhkan masyarakat agar ketika sudah selesai dibangun, mereka bisa menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan keluarganya dimana saja,” katanya.

Dijelaskan, terdapat empat titik akan dibangun tower telekomunikasi yakni di Pulau Habe, Pulau Moi, Dusun Yakyu, Kampung Rawa Biru, serta di Maam, Kampung Nakias.

Sedangkan sisanya, menurut dia, sudah pasti dibangun di kampung-kampung lokal.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat di sejumlah kampung yang memberikan tanahnya secara gratis untuk dibangun tower,” ungkapnya.

Oleh karena lokasi maupun pembebasan tanah tak dipersoalkan lagi, maka dari Kementerian Kominfo sedang merakit peralatan untuk siap dikirim ke Merauke.

“Dalam waktu tidak terlalu lama, semua sudah tiba di sini. Selanjutnya dilakukan distribusi ke setiap titik, lalu dilakukan pemasangan oleh teknisi,” katanya.

Kepala Badan Perbatasan Kabupaten Merauke, Elyas Mite, menambahkan beberapa lokasi pembangunan tower telekomunikasi bersama jaringan 4G akan dipasang di beberapa titik yang menjadi daerah atau wilayah perbatasan RI-Papua Nugini.

“Saya contohkan saja seperti di Dusun Yakyu, Kampung Rawa Biru, dipasang tower juga, setelah tim melakukan survei beberapa waktu lalu,” ujarnya.(*)