Kodim 1201/Mph, Gelar Pembinaan Komsos Tangkal Radikalisme dan Separatisme

TOTHEPOINT- Kodim 1201/Mph gelar pembinaan Komunikasi Sosial bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mempawah.

Kegiatan tersebut juga dihadiri dari Pepabri serta pemuda Pancasila dan Siswa Pondok pesantren Al Mukhlisin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Makodim, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Senin 24 Mei 2021.

Dandim 1201/Mph, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, melalui Pasi Ter Kodim 1201/Mph, Kapten Inf Dwi Haryanto mengatakan, dengan adanya pembinaan Komunikasi sosial mencegah ataupun tangkal radikalisme.

Yakni sebagai upaya dari teritorial mengarahkan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bagi seluruh masyarakat untuk mempedomani nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Komunikasi sosial tentang pemahaman masyarakat, makna dan arti dari nilai-nilai pancasila untuk mencegah terjadinya radikalisme dan Separatisme di negara ini sehingga tercipta masyarakat yang rukun, tentram dan damai,” ucapnya

Maka dari itu kata dia, hal ini perlu dilakukan dalam menghadapi radikalisme, serta separatisme dengan melalui pendidikan dan ajaran-ajaran agama tentang toleransi antar umat untuk menciptakan masyarakat yang rukun dan aman.

“Adanya radikalisme dan Separatisme tentu kurangnya pendidikan pengetahuan moral Pancasila dan pelajaran agama yang melarang tindakan kekerasan antar sesama manusia,” terangnya.

Maka dari itu kata dia, melalui kegiatan yang dilakukan, dirinya berharap dapat menangkal Radikalisme dan Separatisme secara dini.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat, dan bisa mencegah secara dini pemahaman radikalisme dan separatisme,” tutupnya. (*)