Keterisian RS Tinggi, Satgas Warning 14 Provinsi di Luar Pulau Jawa-Bali

TOTHEPOINT –Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memperingatkan 14 provinsi yang ada di luar Pulau Jawa dan Bali. Pasalnya keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit (RS) sudah sangat tinggi yakni berkisar antara 50 hingga 80%.

“Yang perlu menjadi perhatian adalah terdapat 14 provinsi di luar Jawa Bali dengan BOR mencapai 50-80 persen. Provinsi tersebut adalah Lampung, Papua Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, NTT, Bangka Belitung, Jambi, Papua, dan Maluku Utara,” katanya saat konferensi persnya, Selasa (6/7/2021).

Dia meminta agar provinsi-provinsi tersebut segera menanganinya. Salah satunya mengkonversi tempat tidur untuk pasien Covid-19. Baca juga: Kerumunan di Kafe Otentik Kelapa Gading saat PPKM Darurat, Polisi: 4 Positif Corona

“Tingginya BOR pada provinsi-provinsi ini perlu segera ditindaklanjuti. Mohon bagi pemerintah daerahnya untuk mulai mengkonversi jumlah tempat tidur dan menambah fasilitas isolasi terpusat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Wiku mengatakan bahwa masyarakat juga dapat berkontribusi dalam menekan angka BOR di wilayahnya masing-masing. Dimana jika mengalami gejala covid-19 atau kontak erat dengan pasien positif maka tidak perlu panik.

“Segera hubungi puskesmas setempat untuk segera dilakukan pemeriksaan dan penelusuran kontak. Sambil menunggu hasil pemeriksaan teruslah berkonsultasi dengan petugas puskesmas agar isolasi mandiri dapat selalu terpantau. Ingat melapor ke puskesmas sangat membantu dalam pendataan dan pelacakan kontak serta penanganan covid-19 bisa didapatkan dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun,” pungkasnya.