Keren, 5 Festival Terbaik Di Papua

Festival Raja Ampat. Foto: http://wisatalagi.blogspot.com/2015/01/keunikan-festival-budaya-di-papua.html
Festival Raja Ampat. Foto: http://wisatalagi.blogspot.com/2015/01/keunikan-festival-budaya-di-papua.html

Saat ini Papua sudah menjadi andalan Indonesia di bidang pariwisata. Beragam festival sering diselenggarakan tiap tahunnya. Jika dihitung setidaknya ada 5 festival di Papua yang dimeriahkan dan menarik banyak pengunjung wisatawan lokal maupun manca negara. Berikut macam-macam festivalnya:

Festival Puncak Papua

Sebuah festival yang mengajak wisatawan untuk mendaki puncak di Papua. Selain itu wisatwan juga diajak untuk berinteraksi lansung dengan penduduk lokal. Tujuan festival mengajak untuk berkerjasama antara wisatawan dan penduduk lokal demi meningkatkan pengetahuan dengan saling berganti informasi. Festival ini diadakan setiap tanggal 2 Mei, di Kabupaten Pegunangan Bintang, Papua.

Festival Pesona Budaya Asmat

Suku Asmat Papua sendiri memilki festivalnya sendiri. Tujuan festival ini untuk memperkenalkan budaya Suku Asmat. Festival ini menampilkan pameran seni ukir patung, pesta budaya, musik-musik Suku Asmat, dan atraksi tarian. Festival ini diadakan setiap bulan Juni.

Biak Munara Wampasi

Festival ini diselenggarakan di Kabupaten Biak. Acara dari festival ini adalah tradisi Biak yang suka menangkap ikan di air laut surut/mati. Sebutan menangkap ikan yaitu ‘snap mor’. Ada lagi berjalan kaki di atas batu panas/beyeren dan juga lari Biak 10 Kilometer. Suasana Biak juga ditambah dengan pameran anggrek dan budaya. Festival ini diselengarakan pada bulan Juli.

Festival Lembah Baliem

Festival ini adalah ajang pertemuan upacara perang antara Suku Dani, Lani, dan Yali. Penampilan festival ini menunjukkan kekuatan perang adu kekuatan antar suku. Tujuannya untuk memperlihatkan kesuburan dan kesejahteraan masyarakat. Festival perang ini akan dilakukan dalam tiga hari. Festival ini diselenggarakan pada bulan Agustus 2018 di Lembah Baliem, Wamena, Papua.

Festival Pesona Raja Ampat

Salah satu festival pariwisata Papua terbaik yang bakal dilaksanakan dengan konsep utamanya adalah mengangkat keindahan maritim di Raja Ampat yang memang sangat luar biasa, dan juga melestarikan keragaman budaya yang ada disana. Festival ini akan diselenggarakan pada bulan Oktober di Pantai Waisai Torang Cinta, Raja Ampat, Papua Barat

https://ublik.id/yuk-siapkan-cutimu-untuk-nikmati-5-festival-pariwisata-papua-terbaik-2018-ini/