Kemenkes: Per 13 Juli Seluruh Provinsi Jawa-Bali Berada di Level Situasi 4

TOTHEPOINT –Pemerintah mencatat penambahan daerah dengan level situasi 4 justru selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Level situasi suatu daerah diketahui dengan membandingkan tingkat transmisi penularan dengan kapasitas sistem kesehatan suatu daerah.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, berdasarkan hasil asesmen tingkat provinsi, tercatat bahwa pada tanggal 29 juni atau sebelum PPKM Darurat dilakukan, terdapat 4 Provinsi di Jawa-Bali berada di level situasi 4. Sementara sisanya berada di level situasi 3.

“Jumlah provinsi yang ada di level situasi 4 bertambah jadi 6 (Provinsi) di tanggal 6 juli dan per tanggal 13 juli seluruh provinsi di Jawa-Bali berada di level situasi 4,” kata dia dalam konferensi pers harian PPKM Darurat, Rabu (14/7/2021).

Sementara untuk Kabupaten/Kota, lanjut Nadia, dalam kurun waktu sepekan terakhir ada tambahan 14 Kabupaten/Kota di Jawa-Bali dengan situasi level 4. Sebelumnya pada tanggal 6 Juli 2021 terdapat 59 Kabupaten/Kota dengan status situasi level 4. Jumlah tersebut naik pada 13 Juli menjadi 73 Kabupaten/Kota.

“Dari 124 kabupaten PPKM darurat terjadi peningkatan situasi level 4 yang pada tanggal 6 Juli terdapat 59 Kabupaten/Kota. Pada 13 Juli menjadi 73 Kabupaten/Kota,” jelas dia.

Karena itu, perlu upaya dan dukungan bersama dari semua elemen masyarakat agar situasi level dapat diturunkan kembali. “Untuk itu diperlukan upaya dan dukungan semua elemen masyarakat agar level situasi dapat menurun,” tandas dia.