Kemenkes: Dosis Pertama Vaksinasi Sudah Diterima oleh 1,12 Juta Orang

Tothepoint.id, Jakarta- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat jumlah orang yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama mencapai 1.120.963 orang.

Angka tersebut bertambah 24.868 dari hari sebelumnya. Sedangkan jumlah orang yang telah mendapatkan suntikan kedua sebanyak 537.147 orang. Jumlahnya bertambah 54.522 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Adapun cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama telah mencapai 76,32% dari sasaran vaksinasi tenaga kesehatan sebesar 1.468.764. Sedangkan vaksinasi dosis kedua baru mencapai 36,57% dari target.

Jika dibandingkan dengan total sasaran vaksinasi, jumlah pemberian dosis pertama hanya berkisar 0,62%. Sedangkan dibandingkan penerima dosis kedua sekitar 0,3%. Untuk meningkatkan jumlah penerima, pemerintah berencana memulai vaksinasi Covid-19 tahap kedua pada 17 Februari 2021.

Program vaksin virus corona itu bakal menyasar pekerja publik dan lansia di atas usia 60 tahun. Pemerintah memproyeksi vaksinasi tahap kedua selesai pada Mei tahun ini. Total sasaran vaksinasi tahap kedua mencapai 38,5 juta orang yang terdiri dari 16,9 juta pekerja publik dan 21,5 juta Lansia.

Adapun pekerja publik terdiri dari pendidik (guru & dosen), pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, TNI, Polri, dan Satpol PP, pelayan publik termasuk perangkat desa, BUMN, BUMD, dan pemadam kebakaran.

Selain itu, petugas transportasi publik, atlet, wartawan dan pelaku sektor pariwisata termasuk staf hotel, restauran dan tempat wisata akan mendapat giliran vaksinasi tahap kedua. Secara khusus pemerintah memprioritaskan guru sebagai penerima vaksinasi tahap kedua agar proses belajar mengajar tatap muka bisa segera terwujud.