Kehadiran Menkes saat Antre Suntikan Vaksin Corona bagi Lansia, Justru Menimbulkan Kerumunan

www.klikdokter.com
www.klikdokter.com

Tothepoint.id- Pelaksanaan vaksinasi untuk kaum lanjut usia (Lansia) di Kota Manado, Sulawesi Utara, yang dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin di Auditorium Unsrat, Jumat 5 Maret, sehingga menimbulkan kerumunan kaum Lansia.

Sebelum menerima suntikan vaksin corona dosis pertama, para lansia terlihat tidak lagi mematuhi protokol kesehatan; menjaga jarak saat mengantri sekaligus sceening kesehatan.

Pantauan manadoba cirita, para Lansia ini terlihat berkerumun di depan meja-meja yang disediakan panitian untuk melakukan screening. Walaupun terlihat ada para petugas kesehatan yang berjaga-jaga di lokasi tersebut, namun kerumunan tetap terjadi.

Beberapa Lansia yang hadir, pada mulanya sempat ingin mundur karena melihat banyak orang yang berdesak-desakan tersebut. Namun, akhirnya tetap mengantri karena sudah terlanjur datang ke tempat tersebut.

“Tadi kaget lihat banyak sekali orang. Saya pikir tidak banyak karena dianjurkan jaga jarak. Tapi, karena tempat ini jauh dan sudah terlanjur berada di sini, ya terpaksa tetap lanjut ikut agar dapat vaksin corona,” ujar beberapa lansia yang mengaku tiba sejak pukul 8 pagi di lokasi tersebut.

Sementara itu, dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika Indonesia masih membutuhkan 270 juta vaksin agar seluruh masyarakat bisa tercover.

“Saat ini vaksin yang diterima pemerintah baru berjumlah 90 juta dosis. Belum terpenuhinya kuota ini, disebabkan produksi vaksin yang memakan waktu dan memang masih terbatas,” kata Sadikin.