Kebijakan Baru, PT KAI Drop 1 Jakarta Wajibkan Penumpang KAJJ Miliki Surat Tes GeNose

Foto: istimewa

Tothepoint.di, Jakarta- PT. KAI Drop 1 Jakarta terapkan kebijakan baru bagi penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ), yaitu dengan menunjukkan surat hasil pemeriksaan GeNose Test atau surat bebas Covid-19.

Adapun tes GeNose sendiri merupakan metode pengecekan Covid melalui hembusan nafas.

Kepala Humas PT KAI Drop I Eva Chairunisa mengatakan, ketentuan surat GeNose tersebut hanya berlaku bagi penumpang yang melakukan tes paling lama 3×24 jam, kecuali bagi penumpang berusia di bawah 12 tahun. “Kebijakan ini sudah berlaku sejak tanggal 3 Februari,” kata Eva dalam surat keterangan resminya.

Lanjutnya, di area Daop 1 Jakarta, penumpang bisa melakukan tes GeNose di Stasiun Pasar Senen. “Sejak pertama kali dibuka, selama 3 hari berjalan terdapat 2580 calon pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang telah menggunakan layanan Genose C19 di Stasiun. Sementara untuk Sabtu 6 Feb 2021 berdasarkan data pukul 15.00 WIB terdapat sekitar 700 calon penumpang yang memggunakan layanan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen,” katanya.

Ia mengungkapkan, mulai hari ini PT. KAI akan menambah perangkat GeNose yang ada di Stasiun Pasar Senin sebanyak 4 unit. Adapun total keseluruhan perangkat GeNose yang bisa beroperasi adalah sebanyak 10 unit.

“PT KAI Daop 1 juga telah melakukan sejumlah hal seperti membuat alur pemeriksaan GeNose C19 terbagi menjadi tiga zona diantaranya zona administrasi, zona pengambilan sampel/pengisian kantong udara dan zona pemberian berkas hasil tes untuk calon penumpang. Seluruh zona diatur dan dipisahkan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” lanjutnya.

Untuk persyaratan melakukan GeNose Test calon penumpang KA wajib menunjukkan tiket KA Jarak Jauh atau kode booking yang sudah dibayarkan lunas dan kartu identitas asli.

Selain itu, calon penumpang KA yang akan melakukan pemeriksaan GeNose C19 juga dianjurkan tidak makan/minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan proses pengambilan sampel melalui hembusan nafas ke kantong udara. (PND)