Kabar Terkini Aksi Israel Bombardir Jalur Gaza

Smoke rises after Israeli airstrikes on Gaza City, Wednesday, May 12, 2021. Rockets streamed out of Gaza and Israel pounded the territory with airstrikes early Wednesday as the most severe outbreak of violence since the 2014 war took on many of the hallmarks of that devastating 50-day conflict, with no endgame in sight. (AP Photo/Khalil Hamra)

TOTHEPOINT – Israel terus membombardir serangan ke jalur Gaza sejak beberapa hari belakangan. Serangan tersebut disebut menargetkan kelompok militan Hamas, yang pertama kali mengirimkan serangan ke Israel guna meminta dihentikannya bentrokan di masjid Al-Aqsa.

Berikut kabar terkini aksi Israel membombardir jalur Gaza:

Kantor Berita Kena Serang Israel

Israel melancarkan serangan ke sebuah gedung 12 lantai bernama Al-Jalaa di kota Gaza pada Sabtu (15/5) waktu setempat. Gedung tersebut diketahui terdapat sejumlah kantor berita seperti Al-Jazeera dan Associated Press,

Dikutip Reuters, seorang jurnalis Palestina terluka dalam serangan itu, puing-puing serta pecahan peluru terbang puluhan meter jauhnya.

Militer Israel berdalih serangan yang dilakukannya ditujukan ke gedung bertingkat yang berisi aset militer milik kantor intelijen organisasi teror Hamas. Pihaknya juga menyebut sudah memberikan peringatan dini kepada warga sipil di dalam gedung untuk keluar.

Rumah Pemimpin Hamas Diserang

Selain menyasar gedung yang dicurigai sebagai lokasi aset militer Hamas, Israel juga menggempur sebuah rumah pimpinan Hamas, Yahya Sinwar.

Ketua Biro Politik Hamas di Gaza, serta saudara laki-lakinya, Muhammad Sinwar, Kepala Logistik dan Tenaga Kerja Hamas,” demikian disampaikan militer Israel dalam sebuah pernyataan, sambil merilis sebuah video yang menunjukkan gumpalan asap dan kerusakan parah di sebuah lokasi.

“Kedua kediaman berfungsi sebagai infrastruktur militer untuk organisasi teror Hamas.” klaim militer Israel, seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (16/5/2021).

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan setidaknya tiga orang tewas dalam insiden tersebut.

Tak hanya menyerang kediaman Sinwar, militer Israel mengklaim serangan yang menargetkan sistem terowongan Hamas.

Serangan balasan pun diluncurkan dari Gaza ke wilayah Tel Aviv. Dilaporkan 10 orang terluka dalam aksi balasan yang langsung dilakukan di hari yang sama.

Israel Dapat Dukungan Biden

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mendukung aksi bombardir Israel sebagai bentuk pembelaan diri atas serangan Hamas ke wilayahnya di awal memanasnya konflik. Hal itu disampaikan Biden dalam panggilan teleponnya dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Biden menyatakan ‘dukungan kuat’ pada Israel untuk mempertahankan diri dari serangkaian serangan roket Hamas dan kelompok teroris lainnya sambil menekankan keprihatinan atas jatuhnya korban dari dua belah pihak.

“Dia (Biden) mengutuk serangan tanpa pandang bulu terhadap kota-kota di seluruh Israel,” demikian disampaikan dalam pernyataan Gedung Putih.(*)