Jokowi Usul Pertemuan ASEAN untuk Bahas Krisis Myanmar, SBY: saya dukung usulan Presiden Jokowi

VOI.ID
VOI.ID

Tothepoint.id– Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden ke-6 RI mendukung usulan Presiden Jokowi yang hendak menggelar pertemuan pemimpin ASEAN untuk membahas krisis Myanmar.

Tindakan Jokowi dalam hal ini, menurut SBY, sesuai dengan peran Indonesia di dunia internasional yaitu mendukung perdamaian di tengah konflik.

“Sebagai mantan Presiden, saya dukung usulan Presiden Jokowi agar dilaksanakan ASEAN High Level Meeting (HLM) untuk isu Myanmar,” ujar SBY melalui akun twitter, Jumat, 19 Maret.

“Inisiatif ini tepat, sesuai tradisi Indonesia sebagai peacemaker & peacekeeper di dunia. Setelah HLM tentu dilanjutkan dengan ASEAN Summit agar lebih powerful,” lanjutnya.

Presiden Jokowi pada Jumat, 19 Maret mengatakan, akan segera menghubungi Sultan Brunei untuk membahas usulan pertemuan tersebut. Karena Brunei merupakan ketua ASEAN pada 2021 ini.

Myanmar terperangkap dalam krisis akibat kudeta militer pada Februari 2021. Kudeta memicu protes besar di Myanmar.

Demo yang hampir setiap hari terjadi kerap berujung bentrok. Saat ini jumlah korban jiwa akibat bentrokan berdarah warga dan aparat keamanan mencapai lebih dari 100 jiwa.