Ini Tiga Satuan Elit TNI yang Berhasil Kuasai Markas KKB di Puncak Papua

TOTHEPOINT – Ada tiga satuan TNI yang turut bersama personel gabungan menyerang markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak Papua. Mereka juga yang menembak mati komandan Pasukan Pintu Angin pimpinan Lekagak Telenggen, Lesmin Walker.

Ketiga satuan tersebut yakni Satgas Nanggala Kopassus, Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawiijaya dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad.

Ketiganya bersama pasukan gabungan dari kepolisian menyerang anggota KKB di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (13/5/2021).

Lokasi tepatnya berada di Kampung Waloni. Tempat tersebut diduga sebagai salah satu persembunyian KKB. Dalam penyerangan itu terjadi kontak tembak hingga akhirnya menewaskan salah satu pentolan kelompok teroris, Lesmin Walker.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo, membenarkan bahwa telah terjadi kontak tembak di Kampung Wuloni pada Kamis pagi sekitar pukul 07.30 WIT. Ada dua anggota KKB yang tewas, termasuk Lesmin Walker.

“Betul ada kontak tembak di sekitar Kampung Wuloni, Ilaga. Laporan yang saya dapat sampai saat ini dua orang KKB tewas,” ujarnya.(*)