Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Lansia Ketika akan Divaksin

A health worker administers the Sinovac vaccine against the Covid-19 coronavirus at a community health centre in Banda Aceh on February 6, 2021. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Tothepoint.id, Jakarta- Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19, CoronaVac, buatan Sinovac kepada populasi lansia di atas 60 tahun.

Hal itu dinyatakan dalam surat resmi yang ditandatangani oleh Kepala BPOM Penny K Lukito yang ditujukan kepada PT. Bio Farma selaku pengelola vaksin di Indonesia.

Namun, terlepas dari itu, ada beberapa persyaratan yang mesti dilalui ketika melakukan vaksinasi terhadap lansia. Adapun persyaratan tersebut sebagai berikut.

Melakukan studi klinik pasca persetujuan untuk memastikan efektivitas vaksin CoronaVac untuk pencegahan COVID-19.

BPOM berhak untuk meninjau atau mengevaluasi kembali aspek khasiat dan keamanan vaksin apabila ditemukan bukti baru terkait khasiat dan keamanan.

Wajib melakukan pemantauan farmakovigilans (mendeteksi masalah keamanan obat yang belum diketahui) dan pelaporan efek samping obat ke BPOM.

Sementara itu, Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS) menyebut vaksin Sinovac akan diberikan kepada lansia di atas 60 tahun dengan cara disuntikkan ke dalam otot (intramuskular) sebanyak 0,5 mL dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

  1. Kesulitan untuk naik 10 anak tangga
  2. Penurunan aktivitas fisik (sering merasa kelelahan)
  3. Memiliki 4 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker (selain kanker kulit
  4. kecil), penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri
  5. dada, asma nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)
  6. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter
  7. Penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun.

Sebelum divaksin COVID-19, lansia juga diimbau untuk melaporkan ke petugas kesehatan bila mengalami beberapa kondisi sebagai berikut.

/https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5364793/bpom-izinkan-vaksin-sinovac-untuk-lansia-ini-3-syarat-yang-diberikan