Ini Model Senjata yang Dipasok Nelson Murib untuk KKB Papua

TOTHEPOINT – Satgas Operasi Nemangkawi mendapati sejumlah barang bukti yang diperjualbelikan Ratius Murib alias Neson Murib. Terdapat foto senjata api laras panjang dan amunisi diduga hasil transaksi pelaku.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Al Qudussy mengatakan, Neson Murib ini diduga bagian dari jaringan penjualan senjata dan amunisi untuk KKB.

“Suplai senjata dan amunisi ini untuk KKB Puncak Jaya,” kata Kombes Pol Iqbal dalam keterangannya, Selasa (15/6/2021).

Dalam barang bukti yang diamankan petugas, ada foto dua senjata api laras panjang beserta magazine. Lalu puluhan pak peluru kaliber 7,62 x 39 produksi Rusia.

Terduga penjual senjata api untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB), Ratius Murib alias Neson Murib, diamankan petugas bersama sejumlah barang bukti. Pelaku ternyata sedang membawa uang senilai Rp370 juta di dalam tasnya.

“Saat ditangkap, dia kedapatan membawa uang Rp370 juta, diduga untuk membeli senjata api,” ujarnya.

Menurut Iqbal, Neson Murib diketahui sudah melakukan sejumlah transaksi terkait dengan penjualan dan pembelian senjata api (senpi) beserta amunisinya.

“Total yang dikirim dan diterima Rp1.393.100.000,” ujar dia.

Sementara ini tim masih meminta keterangan Neson Murib terkait dugaan penjualan senjata api dan amunisi untuk KKB Puncak Jaya.(*)