Indah, Menikmati Sunset Di Bukit Yomokho Papua

Tothepoint.id, Papua – Bukit Yomokho ini adalah salah satu perbukitan yang mengelilingi Danau Sentani. Lokasi dari bukit ini berada di Distrik Sentani Timur, Jayapura, Papua. Tepat 200 meter di sebalah barat Khalkote. Bukit ini menawarkan pemandangan indah untuk wisatawan. Melihat keindahan matahari terbenam ke arah Danau Sentani sangatlah menawan.

Bukit Yomokho memiliki pemandangan yang Instagramable, terutama saat panorama sunset datang, dengan latar belakang Danau Sentani yang memukau dari ketinggian.

Bukit Yomokho terlihat memanjang dan permukaannya ditumbui rumput ilalang. Bukit ini dekat dengan pemukiman orang-orang Pulau Asei salah satu pulau di tengah danau. Bagi mereka Bukit Yomokho dijadikan sebagai lahan tanaman siapu, sejenis ubi jalar khas sentani.

Dalam bahasa masyarakat setempat, Yomokho memiliki arti khusus, yaitu kampung yang berdiri di atas bukit.

“Dalam bahasa Sentani Yo adalah kampung, Mokho adalah bukit. Pada masa prasejarah, bukit ini dihuni oleh nenek moyang masyarakat Pulau Asei. Pulau Asei hingga kini dikenal masyarakatnya pandai melukis kulit kayu,” jelas Hari Suroto, peneliti dari Balai Arkeologi Papua.

Saat ini, pesona sunset Bukit Yomokho justru lebih dikenal di kalangan generasi milenial. Bule-bule yang tinggal di Sentani pun banyak yang berkunjung ke bukit ini hanya untuk menikmati momen sunset di tepi Danau Sentani.

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5278112/saat-matahari-terbenam-dengan-indahnya-di-tepi-danau-sentani