Idul Fitri-Kenaikan Isa Almasih, Keuskupan: Persaudaraan Umat Harus Kian Kuat

TOTHEPOINT-Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Romo V Adi Prasojo menegaskan tali persaudaraan umat Islam dan Kristiani harus semakin kuat apalagi pada Kamis (13/5) terasa istimewa karena momentum perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah dan Kenaikan Isa Al Masih dirayakan berbarengan.

“Tahun ini istimewa karena kita bersamaan merayakan. Rasa-rasanya perayaan Idul Fitri tahun ini menjadi tanda pengharapan baru tidak hanya bagi umat Islam, tapi juga bagi kami semua umat beragama di Indonesia. Tanda pengharapan baru untuk lebih membangun persaudaraan sejati demi kebaikan bersama,” katanya dilansir dari Antara, Kamis.

Romo Adi mengatakan perayaan dua hari besar umat Islam dan Nasrani ini mesti dimaknai dalam mewujudkan kepedulian, belarasa, dan belas kasih sebagai bangsa Indonesia.

Terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19, maka sudah sepantasnya antarumat beragama saling membantu, bergotong-royong, dan bergandengan tangan dalam membantu mereka yang terdampak.

“Justru seperti saat inilah goyong royong itu semakin muncul. Kita juga mengalaminya (kepedulian sosial) sejak tahun lalu,” katanya.

Disampaikannya bahwa solidaritas ini sebetulnya telah tercermin di tengah pandemi COVID-19. Segala elemen masyarakat bahu-membahu membantu dengan berbagai macam cara kepada mereka yang terdampak.

Ia berharap agar tali persaudaraan ini terus bertahan bahkan tumbuh dan menguat demi Tanah Air tercinta.

“Kita melihat di masyarakat kita begitu banyak solidaritas sosial yang muncul dan kita syukuri. Tahun ini kita tetap berharap, memiliki pengharapan yang baru terutama dengan semangat Idul Fitri untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan lebih maju,” kata dia.

Tidak lupa, ia juga mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Islam yang tengah merayakannya, pun demikian dengan umat Nasrani dalam merayakan Kenaikan Isa Al Masih.

“Kami mengucapkan selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin bagi saudara-saudari kami umat muslim di Indonesia dan dunia, juga selamat hari raya Kenaikan Isa Al Masih,” demikian Romo V Adi Prasojo.(*)