Heboh di Papua Ada Udang Selingkuh

Heboh di Papua Ada Udang Selingkuh
Heboh di Papua Ada Udang Selingkuh

Tothepoint.id, Wawena –  Tidak hanya ragam wisata budaya dan kekayaan alamnya saja yang terkenal. Papua, surga di timur Indonesia ini juga kaya akan ragam wisata kuliner yang menguah selera. Salah satu dari sekian banyaknya kuliner khas Papua yang harus dicoba adalah udang selingkuh.

Dilansir dari Antara, Selasa (24/11/2020), kenapa disebut udang selingkuh, lantaran sekilas hewan yang jadi bahan baku hidangan ini bertubuh seperti sekilas hampir sama dengan udang kebanyakan, tapi ia menjadi berbeda karena memiliki capit yang besar seperti kepiting

Keunikan inilah yang menjadi ihwal ia dianggap sebagai hasil dari perselingkuhan antara udang dan kepiting.

Makanan yang satu ini menjadi salah satu kuliner khas Papua di Goa Togece Kampung Parema, Distrik Wesaput, Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Udang selingkuh yang belum dimasak, aslinya memiliki warna biru sedikit transparan, hewan perairan tawar ini akan berubah warna menjadi jingga ketika diolah menjadi makanan. Sekilas tampilannya mirip dengan kepiting atau lobster yang hidup di laut.

Dikutip dari Good News from Indonesia, tekstur udang selingkuh ini hampir sama dengan udang pada umumnya, hanya saja daging dari udang selingkuh ini lebih lembut dan memiliki cita rasa yang manis.

Di Papua, udang selingkuh disajikan dengan cara dibakar dan ditambahkan dengan bumbu minim, seperti garam.  Ada juga yang menyajikan dengan nasi hangat, sayur bunga pepaya atau kangkung, dan sambal colo-colo yang menjadikannya kian lezat.

Jika ingin membawa pulang udang selingkuh yang mentah, kita bisa mendapatkannya di beberapa pasar tradisional di Kota Wamena dengan harga mulai dair Rp100 ribu. Sementara jika kita makan di restoran, udang selingkuh bisa dibanderol dengan harga Rp.300 ribu.

Artikel ini sebelumnya sudah diterbitkan di liputan6.com : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4041229/udang-selingkuh-yang-hanya-ada-di-papua