Haru, Almarhum Eyang Sapardi Djoko Damono Raih Anugerah Kepenyairan Adiluhung

Tothepoint.id – Almarhum Sapardi Joko Damono dinobatkan untuk menerima anugerah kepenyairan Adihulung oleh Yayasan Hari Puisi (YHP) 2020. Kerap kali orang-orang memanggil beliau dengan sebutan Eyang Sapardi. Dalam penganugerahannya kali ini oleh YHP merupakan penilaian sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Mulai dari 1. historis perjalanan kepenyairan, 2.Perkembangan stilistik, tematik, dan inovatif yang ditawarkan, 3. Konsistensi dan kontinuitas dalam peta perpuisian indonesia, 4. komitmen dalam membina dan mengembangkan kepenyairan pada generasi berikutnya, dan 5. Pengaruhnya yang luas di dalam dan di luar negara. Begitu Maman S Mahayana menjelaskan persyaratan itu, sebagai ketua dari yayasan ini (20/12).

Anugerah Kepanyairan Adihulung (AKA) adalah bentuk penghargaan dan penghormatan yang luhur bagi penyair yang hidupnya didedikasikan untuk perkembangan puisi di Indonesia.

“Semoga langkah awal ini dapat terus berlanjut sebagai langkah konkret menyampaikan apresiasi yang sepatutnya kepada kiprah kepenyairan yang dalam pandangan YHP telah memberi kontribusi dan pengaruh penting bagi kehidupan perpuisian Indonesia,” paparnya

Maman menjelaskan, di samping perkara kualitas karyanya yang menjadi kriteria utama, pertimbangan lain menyangkut kiprah kepenyairannya. Penilaiannya memang relatif, tetapi parameter kontribusi dan pengaruhnya dapat ditelusuri melalui perkembangan yang terjadi dalam dinamika kehidupan perpuisian Indonesia.

Ada tiga hal yang patut dirujuk soal penilaian ini. Pertama, komitmennya pada kesadaran, bahwa melalui puisi, ia coba memberi sumbangan bagi pemerkayaan bahasa Indonesia. Kedua, karya-karya mampu memacu inspirasi untuk kreativitas. Ketiga, kontribusi dan pengaruh pada karya-karyanya pada dunia pendidikan dan generasi muda.

Bagi YHP, Puisi menjadi sumber, dan sekaligus muara, titik berangkat dan tempat berlabuh dalam upaya membangun kebudayaan dan peradaban bangsanya. Puisi dimanifestasikan menjadi sikap hidup, ideologi budaya, dan perilaku dalam interaksi sosial

https://republika.co.id/berita/qlm51y374/sapardi-djoko-damono-raih-anugerah-kepenyairan-adiluhung