Guspardi Gaus, Anggota Komisi II DPR RI dukung Sumatera Barat Menjadi Daerah Istimewa Minangkabau

thothepoint.id- Guspardi Gaus anggota Komisi II DPR RI, bidang urusan dalam negeri, menyatakan mendukungannya terhadap Provinsi Sumatera Barat berubah nama menjadi Daerah Istimewa Minangkabau.

Guspardi mengatakan bahkan tim Kerja Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM) sudah menyelesaikan naskah akademik.

“Naskah akademik ini merupakan sebuah langkah positif dan maju,” kata Guspardi dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis, 11 Maret 2021.

Namun, Guspardi menghimbau agar tim tersebut mengikut sertakan berbagai unsur dan tokoh masyarakat. Dengan demikian diharapnkan agar memiliki padangan yang sama atas perubahan nama tersebut.

Politikus PAN ini mengatakan Komisi II memang sedang mengkaji revisi undang-undang beberapa provinsi. Sebab, menurutnya ada beberapa poin yang sudah tak cocok dengan perkembangan zaman. Salah satunya Undang-undang pembentukan Provinsi Sumbar yang berdasarkan Republik Indonesia Serikat 1958.

Selain itu, juga ada beberapa provinsi yang sedang direvisi; Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bali.

“Sebetulnya Sumbar jauh lebih prioritas jika dibandingkan dengan provinsi lain. Karena Sumbar satu-satunya masyarakat yang berdasarkan matrilineal, kemudian kekhasan adatnya itu berkelindan dengan agama,” ujarnya.

Anggota DPR dari daerah pemilihan Sumbar ini menyarankan tim untuk mengkaji lebih dalam segala aspek soal perubahan nama menjadi Daerah Istimewa Minangkabau.