Dongkrak Ekonomi Daerah, Pemprov Jabar Optimalkan Potensi Desa

Jabar ekspres
Jabar ekspres

Totheponit.id– Pemerintah provinsi Jawa Barat mengoptimalkan potensi ekonomi di desa agar meningkatkan perekonomian daerah. Karena desa dinilai berpotensi tinggi untuk mendongkrak perekonomian.

“Dari jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa, 36,1 juta jiwa berada di desa. Dengan luas wilayah di Jabar 3,7 juta hektare, mayoritas di desa juga,” ujar Bambang Tirtoyuliono Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jabar dalam keterangan resminya pada Jumat, 5 Maret.

Bambang menyatakan desa dianggap menjadi tumpuan bagi daerah Jabar. Sebab itu, menurutnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga memiliki kepedulian tinggi terhadap desa.

Menurutnya kemampuan anggaran desa terbatas. Sehingga, perlu adanya skema kerja sama yang dibangun. Dia mengakui akses permodalan di desa perlu bimbingan agar memahami skema usaha yang dijalankan.

“Gimana-gimana juga dari sisi akses modal sulit untuk berinvestasi. Yang penting BUMDES tidak dirugikan, apapun skemanya,” kata Bambang.

Salah satu caranya, lanjutnya, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) bisa menyediakan lahan, sementara masyarakat membuat toko dan menjual produk-produk lokal. “Skemanya BUMDES ini menyediakan lahan, kemudian di sebelahnya ada pusat ekonomi desa, tempatnya produk-produk desa,” katanya.

Hal tersebut bisa dilakukan agar desa bersifat mandiri dalam bekerja. Sebab, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat di pedesaan.

“Kita ingin menghadirkan bahwa desa itu bukan sebagai objek, tapi desa ini bagaimana bisa enggak setara sebagai mitra. Siapapun yang berinvestasi akan mengembangkan desa, desa ini sebagai mitra,” tutur Bambang