Ditangkap Satgas Nemangkawi, Begini Isi Postingan Aktivis KNPB

 TOTHEPOINT– Polisi mendapati banyak postingan hoaks akun Facebook Manuel Matemko yang dinilai berisi ujaran kebencian. Pelaku merupakan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang diduga pro gerakan separatisme KKB.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudussy mengatakan, sedikitnya ada lima informasi terkait akun Facebook atas nama Manuel Metemko yang dianggap telah menyebar kabar hoaks.

“Dia telah berulang kali melakukan tindakan penyebaran berita yang tidak benar atau hoaks, provokasi, kebencian antarpribadi maupun kelompok masyarakat,” kata Kombes Pol Iqbal dalam keterangannya, Kamis (10/6/2021).

Begini sebagian dari isi postingan pelaku yang beredar di media sosial:

Dia memastikan, polisi akan mengembangkan kembali hasil penemuan hoaks di medsos tersebut. Termasuk jumlah postingan yang sudah dibuat Manuel Matemko selama ini.

“Nanti akan dikembangkan kembali berapa postingan-postingan yang hoaks dan provokatif dalam pemeriksaan pelaku maupun dari hasil digital forensik,” katanya.

Sebelumnya, Satgas Operasi Nemangkawi menangkap pelaku penyebar informasi hoaks Manuel Metemko alias EKM (38) di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kelapa V, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (9/6/2021).(*)