Dikabarkan Hilang 2 Bulan, Dimana Jack Ma?

Jack Ma. Foto: https://www.kompas.com/global/read/2021/01/05/073204770/jack-ma-menghilang-video-prediksi-dia-tewas-atau-dipenjara-kembali
Jack Ma. Foto: https://www.kompas.com/global/read/2021/01/05/073204770/jack-ma-menghilang-video-prediksi-dia-tewas-atau-dipenjara-kembali

Tothepoint.id – 2 bulan kehilangan kabar. Banyak anggapan bahwa Jack Ma pendiri Alibaba itu hilang. Tidak adanya ia muncul di halaman publik semenjak mengkritik Pemerintahan China. Dugaan tersebut belakangan ditepis oleh jurnalis CNBC David Faber. Menurut Faber yang mendapat informasi dari sumber anonim.

“Jack Ma bukannya menghilang, melainkan sedang sengaja menghindari sorotan publik. Ia tidak ditangkap” jelasnya.

Kemungkinan bos Alibaba ini sekarang berada di Kota Hangzhou, China. Lokasi ini tepat di perusahaannya sendiri. Hilang setelah kritik Pemerintah China Jack Ma mendadak dikabarkan “hilang” setelah melontarkan kritik pedas terhadap regulator finansial dan perbankan China dalam sebuah pidato di Shanghai, 24 Oktober lalu.

Dia menuding bahwa bank-bank di China beroperasi dengan mentalitas “rumah gadai” menyangkut jaminan untuk kredit, sedangkan regulasi perbankan yang berlaku dinilainya menghambat inovasi dan harus direformasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pernyataan Jack Ma diasumsi menyinggung keras Pemerintah China. Pemerintah pun dianulir mulai melakukan investigasi pada perusahaan Jack Ma dengan dugaan praktik anti-monpoli. Disamping itu China juga membentuk tim khusus untuk mengawasi perusahaan afiliasi dengan Alibaba Group Holding Ltd. Akibat kritik pedas Jack Ma, China mulai ketat dalam regulasi bisnis fintech-nya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/06/08030017/begini-kabar-terbaru-jack-ma-yang-diduga-menghilang?page=all