Dibantu Mahfud MD, Wapres Bakal Pantau Langsung Kondisi Papua

kabar24.bisnis.com

TOTHEPOINT – Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akan membantu Wapres Ma’ruf Amin untuk berangkat ke Papua.

Wapres Ma’ruf sebelumnya ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sejak beberapa waktu lalu, Ma’ruf sudah berencana akan melakukan kunjungan ke Papua. Namun, belum terlaksana mengingat belum stabilnya keamanan di Papua.

“Setelah selesai semuanya, Wapres akan melakukan kunjungan ke Papua. Menko Polhukam akan membantu sepenuhnya bagaimana Wapres berangkat ke Papua agar pembangunan di Papua bisa segera dirasakan manfaatnya,” kata Masduki, Rabu (9/6/2021).

Masduki mengatakan, sebelum Wapres dapat berkunjung ke Papua, kata dia, ada beberapa hal yang harus diselesaikan dahulu terkait percepatan pelaksanaan pembangunan di wilayah tersebut.

Sehingga, Menko Polhukam melaporkan dulu tentang keamanan di Papua.

Sebagai yang membawahi unsur-unsur keamanan dalam negeri, Menko Polhukam bertanggung jawab terkait bagaimana sisi keamanan di Papua. Sisi keamanan menjadi penting, kata dia, agar pembangunan di Papua bisa segera terlaksana.
Setelah itu, akan segera ada rapat lanjutan yang berkaitan dengan bagaimana supaya anggaran pendapatan belanja negara (APBN) yang digunakan untuk membangun Papua segera direalisasikan.

“Wapres juga akan segera memanggil Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan untuk membahas terkait anggaran,” kata dia.

Apabila sudah terlaksana, kata dia, maka tahap berikutnya adalah rapat terbatas dengan Presiden untuk bagaimana pembangunan dilakukan di Papua sebelum akhirnya Wapres Ma’ruf melakukan kunjungan.

Adapun pembangunan di Papua dilaksanakan seperti yang sudah tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua. Percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat perlu segera dilakukan agar masyarakat di sana sejahtera.(*)