Dapur Umum Kemensos Produksi 15.000 Kotak Makanan per hari pada Minggu

TOTHEPOINT –Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengungkapkan produksi makanan dapur umum Kementerian Sosial sudah mencapai 15 ribu kotak makanan siap saji per hari bagi tenaga kesehatan (nakes) dan petugas penyekatan pada Minggu (11/7).

“Pada awal PPKM Darurat dapur umum Kemensos rata-rata memproduksi 10 ribu kotak makanan siap saji, sedangkan pada hari ini Minggu (11/7) produksi makanan sudah mencapai 15 ribu kotak makanan siap saji per hari,” ujar Dedy dalam keterangan pers harian PPKM Darurat, Minggu.

Dedy menambahkan bahwa Kemensos RI mengaktivasi dapur umum, menyediakan makanan siap saji untuk disalurkan dalam rangka mencukupi kebutuhan makanan bagi tenaga kesehatan dan petugas penjaga penyekatan PPKM Darurat di sekitar DKI Jakarta dan wilayah penyangga.

Di Jakarta sendiri, dapur umum Kemensos dipusatkan di gedung konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta.

Selain di Jakarta, Kemensos juga telah mendirikan dapur umum di mana PPKM Darurat diberlakukan seperti Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Surakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sleman dan Kota Denpasar, Bali.

“Sekali lagi Negara hadir, tidak ada warga negara yang akan dibiarkan dalam kelaparan. Baik pemerintah pusat maupun daerah, TNI-Polri, relawan dan kita semua akan memastikan bahwa pertolongan akan sampai kepada saudara-saudara kita yang betul-betul membutuhkan,” kata Dedy Permadi.

Sebelumnya Kementerian Sosial mendirikan dapur umum di Balai Wyata Guna, Kota Bandung, Jawa Barat sebagai upaya merespon kondisi pandemi COVID-19 juga seiring dengan berlakunya PPKM Darurat Jawa dan Bali.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan untuk tahap awal dapur itu difungsikan untuk merebus telur dan nantinya akan dibagikan ke tenaga kesehatan di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya.

Menurutnya, target penyaluran telur kepada para nakes di rumah sakit di Kota Bandung maupun Kabupaten Bandung, serta para penerima manfaat (PM), Tagana, dan keluarganya.

Risma juga telah membagikan telur rebus matang ke masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sebanyak 5.500-an orang menerima masing-masing dua butir telur matang. Telur disalurkan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan RT/RW di sekitar kantor Kemensos, Jalan Salemba Raya, Jakarta.

Selain di Kota Bandung, Menteri Sosial juga menginstruksikan untuk mendirikan dapur umum di Balai Besar Prof. Dr. Soeharso Solo, Jawa Tengah.