Dansatgas Nemangkawi Persiapkan Prajurit Tambahan untuk Amankan PON XX Papua

TOTHEPOINT- Dua jenderal pemburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua bertemu di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Mereka menemui personel Satgas Mandal II 2021. Ada apa?

Kedua jenderal tersebut yakni Brigjen TNI Tri Budi Utomo yang merupakan Kepala Operasi Satgas Nemangkawi dari TNI dan Brigjen Pol Roycke Harry Langie, Kepala Operasi Satgas Nemangkawi dari Polri.

Bagi Tri Budi, masuk Cijantung tentu bukan hal aneh karena di tempat ini kantornya berada. Tri Budi merupakan orang nomor dua di Korps Baret Merah alias Wadanjen Kopassus.

Kehadiran Roycke dan Tri Budi tak lain untuk memberikan pembekalan kepada personel Satgas Mandala II Tahun 2021 yang akan bertugas di Papua. Pembekalan berlangsung di Balai Komando Kopassus.

Dalam pembekalannya, Roycke meminta kepada seluruh personel untuk mempersiapkan seluruh pengamanan terkait dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua.

“Perkiraan ancaman terkait dengan Isu tolak Otsus Jilid II, Propaganda MSN, Pelaksanaan PON XX dan agenda Pesparawi,” kata Roycke, dalam keterangannya, dikutip Minggu (6/6/2021).

Roycke menambahkan, demi menjamin situasi Kamtibmas, personel TNI-Polri diminta untuk melakukan pemetaan terhadap seluruh pergerakan kelompok teroris.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada seluruh personel untuk melakukan segala kesiapan dalam menghadapi kendala ataupun tantangan selama melaksanakan tugas operasi.(*)