Cendrawasih Si Burung Surga, Dari Papua

Tothepoint.id, Papua – Salah satu daya tarik provinsi Papua adalah Cendrawasih. Siapa yang tak kenal dengan burung Cendrawasih, sangking menakjubkannya, ada banyak fakta menarik yang bisa kita ulik.

Kendati demikian, mungkin belum banyak yang mengetahui fakta-fakta menarik tentang burung nan cerah dan menarik ini. Untuk itu, mari kita simak penjelasannya.

Burung Cendrawasih merupakan anggota dari famili Paradisaeidae dan dari ordo Passeriformes. Burung ini memiliki ukuran yang beragam tergantung dari spesiesnya. Seperti spesies King bird of paradise yang memiliki ukuran 15 cm hingga spesies Black Sicklebill yang berukuran 110 cm.

Burung ini terdiri atas 14 genus dan 43 spesies. Jenis Cendrawasih yang paling terkenal adalah Cendrawasih Kuning Besar atau Paradisaea apoda yang berasal dari genus Paradisaea.

Karakteristik utama burung ini adalah warna bulunya yang cerah dan menarik perhatian seperti kuning, hijau, merah, dan biru. Cendrawasih biasanya dinamakan sesuai dengan warna dominannya, seperti Cendrawasih Kuning Kecil, Cendrawasih Kuning Besar, dan Cendrawasih Merah.

Saking cantiknya, burung ini dinamai Birds of Paradise atau Burung Surga oleh orang Inggris yang sebelumnya tidak mempercayai eksistensi burung tersebut. Bahkan Cendrawasih sempat menjadi hadiah untuk raja-raja pada tahun 1522 setelah orang-orang Eropa mengakui eksistensinya.

Tidak hanya itu, bulunya yang cantik sempat menjadi komoditas perdagangan pada akhir abad 19 dan awal abad 20 karena menjadi tren untuk menghias topi oleh wanita di Eropa.

https://travel.detik.com/travel-news/d-4600467/7-fakta-menarik-tentang-cendrawasih-si-burung-surga