Benarkan Freeport Buka Lowongan untuk Fresh Graduate?

TOTHEPOINT – Sebuah selebaran menginformasikan lowongan kerja bagi lulusan baru (fresh graduate) di PT Freeport Indonesia saat ini tersebar di media sosial.

Akun @dewajanai0810 turut mengunggah foto tersebut di lini masa Twitternya pada 25 Mei 2021. Berikut narasi dalam unggahan itu:
“#lowongankerja #lowker
Lowongan kerja PT Freeport Indonesia
Kali aja ada yg butuh info”.

Informasi yang termuat dalam foto itu meliputi bidang studi yang dibutuhkan, kriteria dan persyaratan pelamar, serta cara melamar kerja di PT Freeport Indonesia.

Tertulis pula keterangan tanggal 7 Juni 2021 menjadi batas waktu pengiriman dokumen lamaran.

Namun, benarkah Freeport Indonesia buka lowongan kerja bagi lulusan baru?
#lowongankerja#lowker
Lowongan kerja PT Freeport Indonesia

Kali aja ada yg butuh info pic.twitter.com/Ig7xRd8bgU

— (@dewajanai0810) May 25, 2021
Penjelasan:

Instagram resmi PT Freeport Indonesia, yakni @freeportindonesia.

Pada 15 Januari 2021, akun Instagram yang sudah terverifikasi itu memberi peringatan agar para pencari kerja berhati-hati terhadap iklan lowongan palsu yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Dituliskan pula dalam unggahan tersebut, PTFI tidak mengiklankan lowongan kerja melalui media sosial.

“Lowongan kerja PTFI secara online hanya dapat diakses melalui situs perusahaan, https://ptfi.co.id/career,” demikian keterangan unggahan di Instagram tersebut.

Kami mengunjungi situs https://ptfi.co.id/career. Pada laman tersebut, terdapat keterangan bahwa PTFI tidak membuka lowongan kerja pada Mei 2021.

“Saat ini belum terdapat lowongan kerja,” demikian, tertulis dalam situs itu sehingga iklan lowongan kerja yang mencatut PT Freeport Indonesia itu merupakan kabar bohong atau hoaks.

Klaim: Freeport Indonesia buka lowongan bagi lulusan baru
Rating: Salah/Disinformasi