Begini Kronologis Baku Tembak yang Tewaskan 2 Anggota KKB di Ilaga

TOTHEPOINT – Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas ditembak TNI saat kontak senjata di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua hari ini, Kamis (13/5/2021).

KKB kelompok sebelumnya menembakan tukang ojek hingga tewas di Kampung Eromaga, Distrik Omkia, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (14/4/2021).

Dalam kontak senjata itu, satu di antara dua anggota KKB yang tewas bernama Lasmin Walker. Lasmin teridentifikasi sebagai anggota KSB pimpinan Lekagak Telenggen. Satu orang belum dapat dievakuasi.

Diketahui, Lasmin Walker mati pada saat adu tembak dengan tim gabungan TNI di antaranya Kopassus, Kostrad, dan Yonif Raider.

Kontak senjata terjadi pada Rabu pukul 07.25 WIT antara KKSB di Kampung Wuloni pimpinan Lerimayu Telenggen dgn pasukan Nanggala, YR 500 & Pinang sirih (Cakra).

Setelah kontak tembak, tim menyisir lokasi dan dari tersebut hasil penyisiran Tim Pinang Sirih (TNI) ditemukan sebuah Honai yang di miliki Lesmin Waker, antara lain; satu unit helm militer, dokumen, berbagai senjata tajam, panah, dan handphone.

Alat bukti yang disita oleh petugas hasil penggeledahan di lokasi kontak tembak. Temuan tersebut hasil penyisiran Tim Pinang Sirih (TNI) bekerjasama dengan personil Polres Puncak.

Sebelumnya, TNI-Polri telah melakukan penindakan di kampung Tagalowa hingga berhasil menguasai camp. Dari lokasi, aparat berhasil mengamankan alat bukti berupa 3 Buah bendera bintang kejora, 1 buku cetak Menuju Papua Baru karngan Dr Benny Giay, 4 Buah Kapak, 3 Linggis, 4 Parang, 1 Palu, 46 anak panah dan 1 busur.(*)