Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan iPhone

Tothepoint.id- Susila Brata Kepala Kantor Bea Cukai Batam, membenarkan pihaknya berkerjasama dengan Satgas Pengamanan Bandara Juanda mengamankan pengiriman iPhone melalui pesawat tanpa dokumen pabean.

“Benar kita kerja sama dengan Bea Cukai Juanda adanya pengiriman smartphone ilegal. Sebanyak 286 unit iPhone berbagai tipe,” kata Susila pada Sabtu, 6 Maret.

“Barang yang tanpa dokumen kepabeanan disita kurang lebih ditaksir Rp 1,5 miliar,” lanjutnya.

Dia menjelaskan kasus ini berawal 3 penumpang pesawat membawa barang tanpa dilengkapi dokumen pabean dari Batam menuju Surabaya pada Sabtu 6 Maret lalu.

“Setelah mendapati informasi itu, petugas unit P2 BC Juanda berkoordinasi dengan Satgas Pengamanan Lanudal Juanda, kemudian melakukan pengawasan terhadap penumpang yang diduga akan membawa handphone tersebut,” jelas dia.

Tiga pelaku tersebut berinisial HZ, RA, dan MM,  merupakan penumpang maskapai Lion Air nomor penerbangan JT 972 rute Batam-Surabaya.

“Petugas melakukan penggeledahan dan ditemukan 268 unit telepon pintar di dalam koper dan tas ransel milik HZ, petugas menemukan sebanyak 114 unit iPhone X”.

Sedangkan di dalam koper dan tas ransel milik RA ada 104 unit iPhone X. Sementara dalam tas ransel milik MM ditemukan 15 unit iPhone 7, sembilan unit iPhone 8, 15 unit iPhone X, dan 11 unit iPhone Xr,

“Kini pelaku tengah pemerikasaan intensi oleh petugas Bea Cukai Batam bersama Bea Cukai Juanda,” pungkasnya.