Apa yang Menyebabkan Vaksinasi Berjala Lama di Indonesia?

Tothepoint.id- Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan ada dua hal yang memengaruhi berapa lama proses vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk Indonesia

Pertama tergantung dari jumlah ketersediaan vaksin dan kedua terkait dengan ancaman keampuhan vaksin akibat mutasi virus corona SARS-CoV-2.

Menurut Wiku, saat ini jumlah vaksin yang mampu diproduksi masih terbatas. Sementara, jumlah orang yang akan divaksin tidak sebanding dengan ketersediaan vaksin. Imbasnya, semua negara, tidak terkecuali Indonesia, saling berlomba untuk mendapatkan vaksin dari pihak penyedia.

“Kita kan tahu sekarang jumlah vaksinnya terbatas dan semua lagi berusaha memproduksi dengan cepat,” kata dia saat diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Sabtu (13/2).

Wiku mengatakan semua pihak bisa saja berencana melakukan satu juta vaksinasi dalam satu hari. Namun, hal itu cukup sulit dan tidak bisa serta merta menerapkannya.

Pada kesempatan itu, Wiku juga kembali mengingatkan bahwa penerapan protokol kesehatan tetap wajib dilakukan. Selain itu, pemaksimalan testing (pengetesan), tracing (pelacakan), dan treatment (perawatan) atau 3T juga harus diterapkan.