Anggota KKB yang Tewas Teridentifikasi Ajudan Pribadi Komandan Lesmin Waker

TOTHEPOINT-Tim Satgas Penegakan Hukum Operasi Newangkawi telah melakukan olah TKP pasca-kontak senjata antara pasukan TNI-Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan kelompok teroris Lekagak Talenggeng di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (13/4/2021).

Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M. Iqbal Alqudusy mengatakan, berdasarkan hasil olah TKP dan identifikasi, jenazah anggota KKB yang ditemukan adalah Wendis Enimbo (29), ajudan pribadi dari Lesmin Waker, komandan KKB wilayah pintu angin pimpinan Lekagak Talenggeng.

“Proses evakuasi jenazah dilakukan pada hari Jumat, 14 Mei 2021 Pukul 14.50 WIT, bertempat Distrik Woloni, Kabupaten Puncak oleh Satgas Gakkum dengan pengamanan ketat personel TNI Polri,” kata Kombes Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat malam.

Identifikasi jenazah dilakukan di Puskesmas Ilaga, disaksikan Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia bersama Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Inf Rofi Irwansyah.

Evakuasi jenazah dan olah TKP dilakukan karena aparat keamanan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan guna kepentingan penyelidikan.

Iqbal menjelaskan, identifikasi dilakukan dengan pengambilan sidik jari jenazah, pernak pernik hiasan yang digunakan, pencocokan wajah, ditambah hasil penyelidikan lapangan dengan mengambil keterangan dari sejumlah pihak yang mengenal korban.

Hasil identifikasi berdasarkan ciri-ciri dan tanda yang melekat pada jenazah antara lain, anting besi di telinga kiri dan kanan, gelang besi di tangan, dan kalung manik-manik plastik.

“Dari keterangan saksi yang dilakukan wawancara bahwa benar yang bersangkutan adalah ajudan teroris Lesmin Waker bernama Wendis Enimbo yang selalu bersama KKB Lesmin Waker,” ujar Kombes Iqbal.

Letkol Inf. Rofi Irwansyah menyerahkan jenazah ke pihak keluarga diwakili  Kepala Kampung Kago.

Penyerahan jenazah juga disaksikan Kepala Distrik Ilaga Utara, Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak dan beberapa tokoh masyarakat.

“Jenazah salah satu anggota kelompok teroris Lekagak Talenggeng, sekaligus ajudan yang selalu melekat dengan teroris Lesmin Waker, komandan kelompok Pintu Angin Wuloni telah diserahkan oleh Kapolres Puncak dan Dandim Puncak Jaya kepada pihak keluarga,” ujar Iqbal.

Sebelumnya diberitakan, Satgas Ops Nemangkawi menyebutkan, dua anggota KKB tewas dalam kontak senjata dengan pasukan TNI- Polri di wilayah Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (13/5/2021).

Berdasarkan pemantauan awal, salah satu dari dua jenazah yang tampak memiliki ciri seperti Lesmin Waker yang merupakan Komandan Pasukan Pintu Angin KKB pimpinan Lekagak Telenggen. Namun, saat proses evakuasi, hanya jenazah ajudan pribadinya yang ditemukan.

Diduga, Lesmin saat kontak senjata terkena tembakan pasukan TNI-Polri di sekitar Kampung Wuloni yang diduga sebagai salah satu tempat persembunyian kelompok Lekagak Talenggeng, tapi dibawa kabur anggota KKB lainnya.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, Lesmin Waker adalah salah satu penembak Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha yang gugur beberapa waktu lalu.(*)