Anggota KKB Miron Tabuni Ditangkap, Ini Perannya dalam Aksi Teror Kelompok Separatis

TOTHEPOINT – Satgas Nemangkawi berhasil menangkap buronan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Mimika, Miron Tabuni. Dia diduga terlibat dalam beberapa aksi teror yang dilakukan kelompok separatis di wilayah Papua.

“Benar, kami telah berhasil menangkap terduga KKB Miron Tabuni di Kota Mimika pada 10 Juni 2021,” kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M. Iqbal Al Qudusy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/6).

Iqbal menuturkan, Miron Tabuni sudah cukup lama diburu aparat. Keberadaannya terdeteksi di Kwamki Lama. Aparat langsung melakukan penyergapan kepada dia saat berada di dalam mobil. “Diamankan sekanjutnya dibawa ke Posko Delta Mimika,” imbuhnya.

Adapun barang bukti yang diamankan di antaranya tas, dompet, penutup kepala, handphone, KTP, uang, badik dan plastik klip emas.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal menambahkan, Miron Tabuni tercatat pernah ikut aksi teror di Papua. Seperti saat menyerang permukiman warga di dekat Polsek Tembagapura.

“Ikut dalam aksi pertama pada 7 November 2017 bersama-sama pasukan lain membakar kios yang ada di belakang asrama Polsek Tembagapura,” kata Kamal.

Dia juga pernah mengikuti pembakaran alat berat berupa eskavator di Utikini, Papua, an penembakan kantor Polsek Tembagapura pada hari yang sama. Kemudian pada 14 November 2017 Miron ikut aksi penembakan terhadap Mobil LWB di Jalan Tambang PT. Freeport Indonesia (FI) Mile 69, Tembagapura. Aksi itu menimbulkan 4 korban.

Miron juga telribat dalam penembakan mobil PJJ Brigade Mobil (Brimob) dan kontak tembak dengan aparat keamanan di Kampung Utikini Lama, Tembagapura pada 8 Maret 2020. Akibatnya, Bripka Jamil mengalami luka gores pada pergelangan tangan kanan akibat terkena proyektil.

Lalu, Miron juga pelaku perusak jalan di Utikini agar kendaraan tidak bisa melintas. Miron juga sebagai penunjuk jalan, karena kelompok dari Ilaga tidak mengetahui medan di Tembagapura.(*)