Ada Action Plan Untuk Dorong Capaian Sejuta Rumah

TOTHEPOINT –Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan akan menyiapkan sejumlah strategi khusus dan action plan dalam proses pendataan program sejuta rumah. Untuk itu Kementerian PUPR terus menjalin koordinasi dengan seluruh mitra kerjanya supaya pembangunan rumah layak huni terus terlaksana.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, program sejuta rumah merupakan gerakan bersama yang dilaksanakan pemerintah bersama mitra kerja baik pemerintah daerah, pengembang, perbankan, hingga sektor swasta lainnya untuk terus mewujudkan pembangunan hunian.

“Kebutuhan perumahan kita sangat besar dan untuk itu perlu intervensi dari pemerintah selain dukungan dari seluruh stakeholder. Berbagai program perumahan terus didorong oleh pemerintah untuk mendorong capaian program sejuta rumah dengan target rumah untuk masyarakat berpenghasilan (MBR) rendah 70 persen dan ruman non MBR 30 persen,” ujarnya.

Kementerian PUPR sendiri memiliki beberapa program untuk memperbanyak hunian layak huni. Misalnya pembangunan rumah susun (Rusun), rumah khusus (Rusus), rumah swadaya, program bantuan prasarana, sarana utilitas (PSU), dan lainnya. Program subsidi yang diberikan juga bukan hanya untuk kalangan MBR tapi juga kalangan pengembang dengan program PSU sehingga pengembang lebih bersemangat membangun proyek hunian bersubsidi.

Sementara itu program subsidi pembiayaan perumahan melalui skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) juga terus didorong dan telah menjadi program pembiayaan yang diminati masyarakat. Sektor swasta juga diharapkan perannya melalui program corporate social responsibility (CSR) yang bisa diarahkan untuk program perumahan.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengatakan, terkait dengan actian plan untuk terus mendorong program sejuta rumah telah dilakukan beberapa kali perencanaan dan koordinasi secara internal di kementerian maupun dengan berbagai pihak lainnya. Action plan juga untuk mendorong capaian program sejuta rumah saat pandemi ini.

“Kami meminta setiap pihak untuk menindaklanjuti arahan Menteri PUPR terkait berbagai program percepatan capaian sejuta rumah. Kami juga meminta setiap unit bisa meningkatkan kinerja pembangunannya sesuai masing-masing tugas pokoknya karena saat pandemi ini justru kita harus meningkatkan semangat supaya sektor ini terus maju dan mendorong perekonomian nasional,” katanya.