Teknologi Informasi dan Peluang Kaum Milenial di Sektor Bisnis Pertanian

Foto: daya.id

Generasi milenial berpotensi memiliki peluang dalam perkembangan bisnis pada 2021. Hal itu diungkapkan oleh Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan (Unpas) Acuviarta Kartabi.

Potensi milenial dalam mengisi pertumbuhan bisnis dikarenakan kaum milenial, khususnya mereka yang lahir di tahun 90-an mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap perkembangan teknologi informasi.

Kartabi mengatakan ada beberapa tren bisnis yang berpeluang dan menarik banyak minat golongan milenial, mulai dari sektor industri kreatif hingga industri pertanian. Menurutnya, adaptasi dan inovasi dengan pemasaran digital sangat penting dan menjadi prasayarat milenial untuk bergabung di dunia bisnis.

“Saya (kira) bisnis-bisnis yang menarik banyak minat yang berkaitan dengan pasar komunitas generasi milenial, seperti fashion, kuliner, pemasaran digital, wisata virtual, game online dan beragam produk creative digital content lainnya,” kata Kartabi.

Selain itu, sektor pertanian akan menjadi ladang ekonomi baru yang akan melibatkan kaum milenial di dalamnya. Hal itu didasari karena kaum milenial dipercaya akan mampu mengadaptasi teknologi informasi ke dalam dunia pertanian, khususnya dalam memasarkan produk.

“Mereka bisa pasarkan produk secara online dengan mengembangkan metode pengemasan dan variasi produk yang lebih beragam. Kebutuhan masyarakat rumah tangga saat ini sebagian besar untuk kebutuhan pokok yaitu komoditas bahan makanan dan minuman.

Jadi, saya melihat banyak pelaku milenial masuk ke proses bisnis di sektor itu,” jelasnya.

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5329116/dear-millenial-ini-tren-bisnis-yang-diprediksi-moncer-di-2021