5 Teknologi Game yang Terealisasi di Dunia Nyata

Foto : Power-Ups, www.kaskus.co.id
Foto : Power-Ups, www.kaskus.co.id

Tothepopint.id, Jakarta – Inovasi di bidang teknologi sudah sangat maju dan berkembang pesat! Ilmuan telah banyak melakukan inovasi dalam proses pengembangan berbagai macam teknologi. Ada teknologi yang inspirasinya berasal dari film sains fiksi dan ada juga yang terinspirasi dari game.

Tidak hanya film, game pun kerap menampilkan teknologi canggih yang seolah-olah memang sangat bermanfaat bagi manusia jika hadir di dunia nyata.

Akhirnya para ilmuwan pun mulai berupaya menghadirkan teknologi yang ada pada game ke dunia nyata dan bisa dimanfaatkan secara langsung oleh manusia. Mungkin terkesan mustahil, namun saat ini inovasi di bidang teknologi semakin maju dan kini sudah ada teknologi dari game yang terealisasi di dunia nyata.

5 teknologi dari game yang terealisasi

Bukan hanya bualan, namun teknologi yang terinspirasi dari game ini benar-benar nyata. Ada beberapa inovasi teknologi yang berasal dari sebuah game.

Tentunya pembuatan teknologi ini tujuannya untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi manusia. Berikut adalah 5 teknologi dari game yang terealisasi.

1. Medpac

Jika kamu suka bermain game action dan karakter yang kamu mainkan mengalami luka parah dalam pertempuran, kamu hanya perlu menggunakan medpac dan karaktermu akan kembali sehat dalam sekejap.

Hal ini menginspirasi Joe Ladolina, seorang ilmuwan asal Amerika Serikat dan juga seorang insinyur biomedis untuk menciptakan produk yang dinamainya Vetigel.

Vetigel adalah gel yang bisa menghentikan pendarahan dengan cepat ketika dioleskan ke bagian tubuh yang mengalami luka. Persis seperti medpac yang ada di game kan?

2.  Auto-Aim

Sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat TrackingPoint menciptakan sebuah senjata yang mampu membidik target dengan otomatis.

Produk yang dinamakan XS1 ini dibekali dengan tombol pelacak yang jika ditekan senjata tersebut akan langsung mengunci target dan terus mengikuti target ke mana pun target bergerak.

Lebih canggihnya lagi, senjata XS1 ini sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa mengatasi kecepatan angin dan elevegasi agar bidikan kepada target selalu akurat. Teknologi Auto-Aim kini tidak hanya ada pada senjata di game tetapi juga ada di senjata dunia nyata.

3. Heads-Up Displays

Sebagian besar video game akan menampilkan status karakter dalam game yang memberikan informasi mengenai score, health, atau peta game tersebut.

Jika diamati, teknologi Heads-Up Displays ini sama seperti Google Glass, sebuah headset yang memungkinkan pengguna membaca pesan, melihat gambar sambil melakukan aktivitas lain tanpa terganggu.

Gadget yang dijual dengan harga 1.500 USD pun bisa terhubung dengan internet dan bisa diaktifkan dengan suara dan juga bisa digunakan untuk mengambil foto. Canggihnya, para peneliti di Korea Selatan tengah mengembangkan teknologi dengan konsep seperti Heads-Up Displays yang dibentuk dalam contact lens.

4. Power-Ups

Masih ingat dengan jamur di game Super Mario Bros yang bisa membuat Mario tumbuh besar setelah memakannya? Kira-kira fungsi dari teknologi Power-Ups adalah seperti ini, memberikan kemampuan ekstra untuk penggunanya.

Nah, di dunia ternata adalah obat bernama Modafini yang memiliki kemampuan membuat seseorang bisa terbangun selama 40 jam tanpa mengakibatkan gangguan mental kepada si pengonsumi.

Saat ini obat tersebut sedang diteliti oleh US Air Force guna membantu para pilot pesawat tempur yang harus waspada selama berjam-jam nonstop.

5. Controlling a Character

Dalam sebuah game, kita pasti bisa memainkan sekaligus mengontrol karakter yang ada di game tersebut. Misal, mengontrol ke mana karakter tersebut pergi, memakai baju apa, hingga mengontrol keputusannya.

Hal ini pun akhirnya menginspirasi seorang ilmuwan dari Universitas North Carolina iBionicS Lab yang mengembangkan sebuah teknologi baru yang memiliki kemampuan untuk mengontrol makhluk hidup dari jarak jauh.

Kontrol ini dilakukan dengan cara menanamkan wires di dalam otak dan setelahnya bisa mengendalikannya melalui layar komputer.

Teknologi Controlling a Character ini memang terkesan sangat canggih ya. Namun teknologi Controlling a Character pun bisa menjadi sangat berbahaya bagi manusia itu sendiri karena kehidupannya bisa dikontrol oleh orang lain.

Itulah 5 teknologi dari game yang terealisasi. Bagi kamu para gamer, teknologi-teknologi tersebut tentu tidak asing lagi dan kini kamu sudah bisa menemukannya di dunia nyata. Semoga saja semua inovasi teknologi ini memang bisa bermanfaat manusia dan bukannya jadi merusak kehidupan manusia.