3.253 Bencana Terjadi dalam Setahun, BNPB: Kerugian Mencapai Rp 22,8 Triliun

www.klikdokter.com
www.klikdokter.com

Tothepoint.id– Letjen TNI Doni Monardo Kepala BNPB menjalaskan tercatat ada 3.253 kali kejadian bencana di Indonesia berdasarkan data kebencanaan sejak Februari 2020 hingga Februari 2021 .

“Ini artinya setiap hari setidaknya ada 9 kali kejadian bencana yang terjadi, apakah itu gempa, tsunami erupsi gunung berapi, karhutla banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung. Setiap kejadian bencana selalu diikuti dengan kehilangan harta benda dan korban jiwa,” jelas Doni saat membuka rakornas BNPB virtual pada Rabu, 3 maret.

Lanjutnya, menurut laporan Kemenkeu, setiap tahun Indonesia mengalami kerugian ekonomi akibat bencana rata-rata Rp 22,8 T per tahun. Serta korban jiwa juga banyak.

“Dalam 10 tahun terakhir rata 1.183 jiwa meninggal dunia akibat bencana. Bank Dunia menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu dari 36 negara dengan tingkat risiko ancaman bencana paling tinggi di dunia,” jelasnya.

Menurutnya Pemerintah akan mengambil tindakan dalam kondisi ini. Presiden Jokowi pun sudah memberikan arahan pada Rakornas 4 Februari 2020 di Sentul. Bahwa seluruh instansi pemerintah, TNI/Polri dan Pemda harus bersinergi melakukan berbagai upaya pencegahan mitigasi dan kesiapsiagaan.

“Termasuk di dalamnya perencanaan pembangunan yang berlandaskan pengurangan risiko bencana. Pelibatan pakar untuk memprediksi ancaman, memperkuat sistem peringatan dini menyusun rencana dan edukasi dan kelatihan kebencanaan,” tutupnya.