287 Pengendara Motor Berknalpot Racing di Sekitar Monas ditilang

Tothepoint.id- Polri tutup jalan sekitar kawasan Monas bagi sepeda motor yang menggunakan knalpot racing.terhitung sejak Sabtu 6 Maret hingga Minggu pagi ini. Tidak hanya dilarang masuk ke area Ring 1 tersebut, mereka yang ketahuan menggunakan knalpot bersuara bising langsung ditilang oleh Polantas.

Kompol Lilik Sumardi selaku Kasat Lantas Jakarta Pusat mengatakan, ada ratusan motor yang ditilang sejak dua hari penertiban. Penertiban tersebut tidak memakan waktu seharian.

“Keseluruhan yang ditilang karena knalpot bising 287 sepeda motor dan motor yang ditahan 19,” kata Lilik saat dikonfirmasi.

Lilik mengatakan, kendaraan yang disita merupakan kendaraan yang  tidak memiliki surat-surat yang sah. Kendaraan dibawa ke kantor polisi hingga dapat menunjukkan kepemilikan resmi.

Penertiban tersebut bertujuan untuk menjadikan kawasan disekitar Monas bebas dari kendaraan bising.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Purnomo Yogo, mengatakan Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Selatan merupakan area yang tidak boleh dilalui kendaraan dengan knalpot bising. Dengan cara penutupan jalan dilakukan di sejumlah titik kawasan Monas. Penutupan berlaku pada Sabtu pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB dan hari Minggu pukul 00.00 WIB – 10.00 WIB.

“Ini upaya filterisasi dan penutupan kawasan Monas dari sepeda motor yang knalpot bising dan kebut-kebutan atau balapan liar di seputar Monas,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Kebijakan tersebut akan kembali dilakukan Minggu depan. Adapun jalan yang ditutup sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda (kecuali TransJakarta).

2. Jalan Veteran III ditutup total.

3. Depan Pertamina mengarah ke Jl Medan Merdeka Utara dilakukan selektif prioritas.

4. Bundaran Patung Kuda ke arah Jalan Medan Merdeka Barat dilakukan selektif prioritas.