240 Warga Asmat Ikut Ujian Bersamaan Paket Sekolah

TOTHEPOINT-Sebanyak 240 peserta mengikuti ujian kesetaraan sekolah paket A, B dan C yang dilaksanakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Biminip Akat Cem Kabupaten Asmat.

Ujian kesetaraan sekolah ini telah berlangsung sejak 10 April hingga 6 Mei 2021 mendatang, yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Agats.

Ketua Penggelola PKBM Biminip Akat Cem, Robertus Wandu Umba mengatakan, 240 peserta ini terdiri dari paket C setara SMA sebanyak 111 orang, paket B setara SMP 75 orang dan paket A setara SD 54 orang.

“Jadi jumlah keseluruhan 240 orang perempuan dan laki-laki,” kata Robertus seperti dilansir dari seputarpapua.com, Senin (26/4/2021).

Robertus menuturkan, PKBM yang dipimpinnya ini telah mendapat Akta Akreditasi B oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua di Jayapura pada November 2019.

Sejak terakreditasi, pihaknya langsung membuka pendaftaran. Bahkan pada tahun 2020 lalu telah dilaksanakan ujian kesetaraan sekolah dengan jumlah peserta 431 orang.

“Kami telah melaksanakan ujian sejak 2020 yang lalu, dan puji Tuhan ini ujian di tahun kedua kami laksanakan,” ujarnya.

Menurut Robertus, PKBM yang didirikan ini sebagai upaya untuk mempermudah generasi muda yang putus sekolah.

Disamping itu, membantu orang-orang yang telah lewat usia agar mendapat ijazah setara SD, SMP dan SMA.

Dengan cara ini, kata Robertus dapat membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Asmat, sesuai dengan visi PKBM Biminip Akat Cem Asmat, yakni hadir untuk mengurangi pengangguran pemuda/pemudi di Asmat.

“Semoga kehadiran PKBM Biminip Akat Cem Asmat membantu pemuda dan pemudi serta masyarakat yang putus sekolah di Asmat melanjutkan pendidikan mereka, dan bantu mereka dalam dunia dunia kerja,” pungkasnya.(*)