119 Cerita Rakyat, Papua Menyumbang Banyak Cerita Untuk Indonesia

Tothepoint.id, Papua – Indonesia memilki keragaman cerita-cerita di masing-masing daerah nusantara. Setiap cerita penuh dengan pesan-pesan bernilai dan penuh moral. Semua itu harus diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Cerita rakyat adalah budaya bentuk lisan. Cerita rakyat itu pun ada 3, dongeng, legenda, dan mite. Cerita rakyat akan tetap hidup di dalam masyarakat sepanjang cerita tersebut masih memiliki fungsi di dalam masyarakat.

Fungsi cerita rakyat bagi masyarakat tergantung pada pandangan mereka. Apabila masyarakat tersebut baik dan positif terhadap kekayaan budayanya, bisa jadi akan dilestarikan. Cerita rakyat amat bergantung pada masyarakat pemiliknya.

Tanah Papua memilki banyak cerita, mulai dari cerita keluarga, cerita daerah, cerita masalah pendidikan, cerita lingkungan, dan cerita kehidupan anak muda.

Papua begitu menarik untuk dikulik. Tak hanya bentang alam yang sangat indah, tapi kehidupan masyarakatnya. Khususnya kalau mendatangi wilayah tradisional di Papua, pasti akan mendapat banyak cerita.  Seperti cerita Menjelma Seekor Burung Cenderawasih (Kisah Sepasang Burung Cenderawasih), dan masih banyak lagi.

Papua menjadi provinsi yang paling kaya dengan cerita rakyat. Di Papua ada 119 cerita lokal yang terdiri atas 57 dongeng, 34 legenda, dan 28 mite. Berikut perinciannya di tiap-tiap provinsi sesuai data di Statistik Kebudayaan 2019.

https://www.solopos.com/ada-945-cerita-rakyat-di-indonesia-terbanyak-papua-1097911